Thursday, January 16, 2014

Belajar Binis Online untuk Profesional

Bisnisonline menjadi tren pada saat ini. Ada beberapa alasan kenapa orang terjun ke bisnis online. Ada yang beralasan bahwa bisnis online bisa menjadi jalan yang tepat selain menjadi karyawan. Dengan kata lain, pebisnis online bisa menjalankan bisnis online tanpa harus keluar dari perusahaan sebagai karyawan. Akan tetapi, tidak jarang juga yang melihat bisnis online memberikan masa depan yang lebih cemerlang. Bagi para profesional, alasan kedua ini yang menjadi dasar kenapa mereka berjuang dan membangun bisnis online. Untuk alasan yang kedua ini, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Hal-hal tersebut menjadi syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi pebisnis online profesional

Website atau toko online menjadi hal yang wajib untuk dimiliki oleh pebisnis. Dalam hal ini, website atau toko online tersebut menjadi tempat mereka menjuat barang atau jasa yang mereka tawarkan. Dengan kata lain, toko online tersebut menunjukkan jati diri pemilik bisnis. Oleh karena itu, toko online harus didesain serapih dan seelegan mungkin agar terlihat profesional. Toko online ini menjadi brand tersendiri bagi perusahaan atau usaha yang dijalankan. 




Selain tampilan yang elegan dan profesional, toko website juga sudah seharusnya dilengkapi dengan beberapa layanan sehingga membuat konsumen nyaman untuk bertransaksi. Harus dipahami bahwa toko online bukanlah toko di mana klien berhadapan atau berinteraksi secara langsung dengan pebisnis. Dalam hal metode pembayaran misalnya, toko website harus sedemikian rupa sehingga dilengkapi dengan layanan pembayaran yang mudah. 

Hal tersebut adalah beberapa hal yang penting untuk dibuat agar bisnis online benar-benar profesional. Akan tetapi, hal yang paling penting adalah marketing atau promosi. Tampilan toko online yang profesional dengan metode pembayaran yang mudah tidak akan berarti jika sistem marketing tidak berjalan dengan lancar. Untuk itu, setelah toko online telah dibangun, pebisnis online harus mulai memikirkan langkah yang selanjutnya, yaitu optimasi SEO. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi SEO untuk mempromosikan sebuah toko online. Secara singkat, tampilan toko online serta promosi harus disinkronkan.


No comments:

Post a Comment