Monday, January 13, 2014

Tutorial Bisnis Online

Tutorial bisnis online sudah menjamur di mana-mana. Akan tetapi, tidak semua tutorial tersebut jitu untuk menaklukkan dunia online dengan marketplace yang sangat luas dan juga persaingan yang semakin ketat. Untuk itu, seorang pebisnis online harus mengetahui perkembangan terbaru mengenai bisnis online sehingga usaha untuk meraup keuntungan dari bisnis online tidak sia-sia.

Salah satu bisnis online yang banyak menarik perhatian banyak orang adalah program affiliate. Bisnis online yang ini sangat menggiurkan lantaran pebisnis seolah sama sekali tidak perlu mengeluarkan modal. Orang yang menjalankan program affiliate ini tak ubahnya seorang tenaga pemasaran. Hanya saja, mereka mencoba menggaet konsumen melalui dunia maya atau virtual. Perlu diketahui, program affiliate tidak hanya dijalankan oleh perusahaan-perusahaan dalam skala besar seperti Amazon saja. Pada saat ini, banyak sekali perusahaan dalam skala menengah dan bahkan kecil membuka program affiliate ini dalam rangka memperluas jaringan untuk meraup lebih banyak profit. Banyaknya perusahaan yang menerapkan metode pemasaran ini tentunya membuka peluang yang lebih besar bagi para internet marketer untuk mendapatkan banyak uang dari program affiliate. Berikut adalah video tutorial singkat yang bisa dijadikan rujukan awal untuk mempelajari tentang program affiliate Amazon.



Dalam tutorial bisnis online affiliate, ada dua hal yang tidak boleh dilupakan. Yang pertama adalah riset tentang ketertarikan konsumen. Tentu saja akan sangat merugikan jika affiliate marketer (sebutan untuk orang yang menjalankan bisnis affiliate) memasarkan produk yang tidak diminati oleh masyarakat. Oleh karena itu, seorang pebisnis online harus mengetahui kondisi masyarakat. Yang kedua adalah penguasaan bahasa komunikasi persuasif. Di tengah maraknya bisnis online, banyak marketer yang terjebak pada metode atau teknik pemasaran konvensional, yaitu melakukan direct selling. Padahal, metode tersebut justru membuat orang tidak sama sekali tertarik. Seorang affiliate marketer harus menguasai bahasa komunikasi persuasif sehingga calon konsumen tertarik terlebih dahulu dengan barang yang ditawarkan.

Mengenai media promosi, media sosial seperti Facebook dan Twitter menjadi media yang sangat direkomendasikan. Hal ini dikarenakan dua media sosial tersebut sangat popular di kalangan masyarakat. Seorang affiliate marketer harus memastikan bahwa ia mampu membuat calon konsumen setidaknya mendapatkan banyak informasi dari situs affiliate tersebut. Apapun tutorial bisnis online yang dijadikan rujukan, bisnis online tidak akan berhasil jika seorang pebisnis online tidak mampu setidaknya membuat calon konsumen tertarik lebih dulu. 



No comments:

Post a Comment