Thursday, January 16, 2014

SEO atau Search Engine Optimization menjadi hal yang harus dilakukan bagi setiap pebisnis online. SEO merupakan teknik yang harus dilakukan agar sebuah toko online bisa ditemukan. Oleh karena itu, seorang pebisnis online harus mampu membuat toko onlinenya muncul di halaman utama Google. Secara singkat, itulah tujuan utama SEO.

Memang banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa membuat toko online muncul di halaman utama. Salah satunya adalah memanfaatkan jasa optimasi SEO. Akan tetapi, alangkah lebih baik jika pebisnis online sendiri yang melakukan optimasi. Selain menekan biaya pengeluaran, melakukan optimasi sendiri juga akan membuat pebisnis online tahu secara langsung perihal bisnis online.

Optimasi SEO ini dibagi menjadi dua; yaitu optimasi SEO On Page dan optimasi SEO Off Page. Optimasi SEO On Page merupakan optimasi yang dilakukan di dalam website. Hal ini terkait dengan konten (artikel, gambar, video, dan lain sebagainya). Dalam hal ini, ada trik berbeda yang bisa diterapkan di dalam proses optimasi on page ini tergantung jenis konten. Salah satu hal yang paling berpotensi atas keberhasilan optimasi on page ini adalah penempatan keyword atau kata kunci yang dibidik oleh pebisnis. Akan tetapi, ada hal lain yang mempengaruhi juga seperti pemasangan meta tags, template, dan lain sebagainya.



Sementara itu, optimasi off page merupakan optimasi yang dilakukan di luar website. Dalam melakukan optimasi ini, pebisnis online akan bersinggungan dengan hal-hal di luar website seperti backlink, aktif di komunitas sosial dan forum, dan juga search engine submission. Optimasi SEO off page ini dilakukan agar mendapatkan trust atau kepercayaan dari Google.


Pertanyaannya sekarang adalah mana yang lebih penting apakah SEO on page atau SEO off page. Keduanya sama penting karena tiap optimasi tidak bisa berkerja sendiri-sendiri. Dalam hal ini, ada beberapa mitos yang salah dalam penerapan optimasi SEO on page dan off page. Untuk itu, ada baiknya jika pebisnis online mempelajari secara keseluruhan tentang kedua optimasi ini dalam video berikut.


No comments:

Post a Comment